Sabtu 30 Jan 2016 05:21 WIB

Begini Kondisi Otak Manusia Ketika Sedang Mabuk

Minuman Beralkohol (Ilustrasi)
Minuman Beralkohol (Ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, MELBOURNE -- Dimulai dengan perasaan gembira, berkembang menjadi boros, dan kemudian melibatkan video candid di sofa, paksaan seksual dan muncul bersama anjing keemasan di media sosial. Apa yang sebenarnya terjadi di dalam otak ketika Anda mabuk?

Stephen Bright, seorang psikolog klinis terlatih dan seorang etnofarmakolog, seseorang yang mempelajari hubungan manusia dengan obat, dari Universitas Curtin mengatakan jawabannya kompleks.

Pertama, hal itu memerlukan pemahaman tentang bagaimana alkohol menghambat fungsi sistem saraf pusat, pada dasarnya otak dan sumsum tulang belakang. "Ini memperlambat tingkat di mana neuron, termasuk sel-sel otak, berkomunikasi satu sama lain," sebutnya.

Salah satu bagian utama otak yang bisa melambat dengan konsumsi alkohol adalah korteks pre-frontal, bagian depan otak yang terkait dengan fungsi kognitif kompleks, pengambilan keputusan, logika dan nalar serta berpikir tentang konsekuensi dari tindakan Anda.

"Ini sedikit seperti papan tulis mental di otak Anda. Jika itu tak berfungsi dengan baik, maka sulit bagi seseorang untuk mengatur perilaku mereka. Mereka lebih banyak dikontrol oleh bagian primitif dari otak mereka dan bisa lebih impulsif dalam berperilaku,” ujar Stephen.

Pada dasarnya, otak menjadi kurang berkembang. Efek ini juga bisa lebih terasa pada orang yang lebih muda, mengingat korteks pre-frontal tak berhenti berkembang sepenuhnya sampai sekitar usia 25 tahun.

sumber : http://www.australiaplus.com/indonesian/2016-01-29/beginilah-kondisi-otak-manusia-ketika-sedang-mabuk/1541568
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement