Selasa 10 May 2016 08:45 WIB

Pelancong di Kota Ini Dapat Suvenir Tisu Toilet Gratis

Tisu Gulung (llustrasi)
Tisu Gulung (llustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, NEW SOUTH WALES -- Warga Tambo di pedalaman New South Wales (NSW) memilih cara unik untuk mengatasi perilaku pelancong di wilayahnya yang sering mencuri tisu dari toilet umum. Alih-alih melawan pencurian tersebut, mereka justru merangkulnya dengan cara memberikan cenderamata gratis berupa tisu toilet untuk wisatawan yang datang.

Puluhan pelaku bisnis di sebuah kota kecil di pedalaman Queensland ini mulai memberikan tisu toilet yang sudah dikemas tersendiri kepada para pelancong yang berkunjung ke kota mereka mulai musim liburan tahun ini.
 
Kertas pembungkus gulungan tisu toilet itu menampilkan gambar peta Kota Tambo dan juga puisi mengenai beberapa toilet di kawasan tersebut. Gagasan ini merupakan inisiatif dari Asosiasi Pebisnis dan Pariwisata Tambo.
 
"Kami sering mendengar cerita mengenai kertas tisu toilet yang hilang dan kami berpikir 'kita tidak peduli, ambilah ini oleh-oleh dari Tambo," kata juru bicara Asosiasi ini, Alison Shaw.
 
"Kami senang jika ada banyak pelancong yang datang ke Tambo sehingga kami ingin memberikan mereka cenderamata. Ini merupakan benda pemberian kecil yang aneh dan unik dan ini merupakan bagian dari kerja sama kampanye pemasaran wisata Kota Tambo oleh para pelaku bisnis di Tambo,” ujarnya.
 
Shaw mengatakan program ini bertujuan agar masing-masing dari 12 pelaku bisnis yang terlibat dalam kerja sama kampanye ini bisa memberikan satu gulung tisu toilet setiap harinya.
 
"Terkadang kami memberi lebih dari satu tisu toilet gulung karena para pelancong cukup senang menerima hadiah gratis tersebut. Jika mereka melihat satu gulung tisu toilet, mereka biasanya akan meminta tambahan satu lagi,”
 
"Kami membeli cukup banyak tisu toilet untuk musim kunjungan wisata dan tahun depan kami akan mengevaluasi program ini. Kkita lihat nanti apakah ada gagasan lain atau tetap melupakan hal lainnya,” katanya.
 
Shaw mengatakan sejauh ini para pelancong merespons positif strategi bagi-bagi tisu tolilet gratis ini.
 
"Mereka sangat suka, dan biasanya langsung tertawa begitu melihat gulungan tisu toilet itu dan sepertinya ini lelucon kecil yang unik. Saya kira tidak banyak orang yang akan menggunakan gulungan tisu toilet gratis itu, tapi mereka akan menyimpannya sebagai oleh-oleh,” katanya.
 
Sebagai ganti dari suvenir gratis tersebut pelancong diminta mengisi sebuah survei kecil sehingga Dewan Asosiasi Pariwisata dan Bisnis Tambo bisa mempelajari sedikit tentang siapa saja yang berkunjung ke kota mereka. Ribuan pelancong mendatangi pedalaman Queensland pada musim dingin, dan kawasan ini biasanya sangat populer dikalangan para pelancong lansia yang berasal dari negara bagian di wilayah selatan.
 

sumber : http://www.australiaplus.com/indonesian/2016-05-10/pelancong-di-kota-ini-dapat-souvenir-tisu-toilet-gratis/1578692
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement