Sabtu 23 Jun 2018 21:53 WIB

Kanguru Mabuk Gara-Gara Rumput, Kok Bisa?

Kanguru yang sakit menyerupai seseorang yang berada di bawah pengaruh alkohol.

Kawanan kanguru di kawasan Pinnacle Reserve.
Foto: abc
Kawanan kanguru di kawasan Pinnacle Reserve.

REPUBLIKA.CO.ID, MELBOURNE -- Petugas penyelamat satwa liar yang menanggapi laporan kanguru "mabuk" di kawasan Victoria meyakini tanaman yang umum ditemukan di padang rumput menjadi penyebab penyakit yang dialami hewan khas Australia itu.

Michelle Mead dari Penyelamatan Satwa Liar dan Jaringan Informasi Victoria Central, mengatakan layanannya telah menerima sejumlah laporan dari anggota masyarakat yang kasihan saat melihat kanguru yang mengalami disorientasi. "Mereka terhuyung-huyung kesana kemari, mereka menggelengkan kepala, dan terlihat sangat bingung dan linglung," kata Mead.

Sebuah rekaman menunjukan gambar kanguru yang terdampak telah diunggah di internet dan juga menunjukkan kanguru itu terjatuh dan berjuang mengendalikan diri. Mead mengatakan kanguru yang sakit menyerupai seseorang yang berada di bawah pengaruh alkohol.

Pekerja satwa liar itu mengatakan hewan-hewan itu benar-benar mabuk dan kemungkinan penyebabnya adalah sejenis tanaman rumput. Dikenal sebagai phalaris atau bulosa-kenari rumput, spesies tanaman yang diperkenalkan ini adalah tanaman yang umum tumbuh di padang rumput untuk memberi makan ternak.

Kanguru yang memakan rumput itu dapat mengembangkan kondisi yang dikenal sebagai "phalaris staggers", yang menyebabkan tremor kepala, hilangnya koordinasi dan terjatuh. Tidak ada obat yang diketahui untuk staggers phalaris yang diderita kanguru.

Mead menjelaskan seluruh hewan yang memakan rumput phalaris rentan terhadap penyakit tersebut. "Bagi para petugas penyelamat yang melakukan upaya penyelamatan ini, hal itu juga cukup menyedihkan bagi mereka, karena sangat kasihan melihat binatang seperti itu," katanya.

Sementara rumput phalaris digunakan untuk memberi makan ternak, petani dapat memberikan obat cobalt kepada hewan mereka atau menyemprotkan mineral di padang rumput mereka, untuk melindungi hewan dari efek phalaris. Kanguru tidak diberi pengobatan semacanm ini, dan itu membuat mereka rentan terhadap keracunan. Rumput yang tidak diolah juga dapat menyebar di luar garis pagar petani dan ke pinggir jalan, di mana kanguru juga memakannya.

Dokter hewan ternak di Hamilton David Rendell mengatakan dia telah melihat beberapa kasus hewan yang terhuyung-huyung karena phalaris selama kariernya. Sindrom itu lebih umum terjadi di daerah dengan tanah batu kapur, yang mengandung lebih sedikit cobalt daripada tanah basalt.

Rendell mengatakan Phalaris terhuyung-huyung juga lebih umum ketika pertumbuhan rumput subur terjadi, karena hewan mencerna lebih sedikit tanah, dan karena itu kurang kobalt, di daerah-daerah tersebut. Mead mendesak masyarakat yang melihat kanguru yang linglung menghubungi tempat penampungan satwa liar lokal mereka.

"Sayangnya, kanguru tidak selalu mendapat perhatian besar. Mereka telah menderita banyak akibat dampak dari aktivitas manusia dan itulah sebabnya mengapa kami memiliki sedikit tugas perawatan untuk merawat mereka," katanya.

Simak beritanya dalam Bahasa Inggris disini.

sumber : http://www.abc.net.au/indonesian/2018-06-22/rumput-penyebab-sindrom-kanguru-mabuk-di-victoria/9897398
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement