Sabtu 09 Feb 2019 18:15 WIB

Anggota DPR Aussie Akui Bertindak tak Senonoh ke Wanita AU

Departemen Pertahanan menolak menjelaskan tindakan tak senonoh seperti apa.

  Anggota DPR Australia Scott Buchholz (tengah) saat melakukan kunjungan ke markas militer. Dia mengakui bertindak tak senonoh terhadap seorang anggota militer dalam kunjungan itu.
Foto: Department of Defence
Anggota DPR Australia Scott Buchholz (tengah) saat melakukan kunjungan ke markas militer. Dia mengakui bertindak tak senonoh terhadap seorang anggota militer dalam kunjungan itu.

REPUBLIKA.CO.ID, MELBOURNE -- Anggota DPR Australia Scott Buchholz meminta maaf atas tindakan tidak senonoh terhadap seorang perwira wanita dari Angkatan Udara. Dia mengakui dirinya berperilaku seperti orang dungu saat mengikuti kegiatan program pertukaran militer (ADF) di Kota Darwin. Kepada ABC, politikus asal Queensland ini menyatakan sudah menyampaikan permintaan maaf tidak lama setelah perwira itu melaporkannya.

"Saya berperilaku seperti orang dungu saat ikut kunjungan pertukaran tahun lalu. Saya menyadari betapa tidak pantasnya tindakan saya itu," kata Buchholz.

"Saya meminta maaf atas perilaku dan pelanggaran yang saya lakukan. Saya tegaskan kembali rasa hormat yang mendalam kepada ADF dan para anggotanya," ujarnya.

Kasus ini terjadi pada Agustus 2018 ketika Buchholz masih duduk sebagai anggota DPR biasa. Namun beberapa pekan kemudian dia ditunjuk Menteri Muda Jalan Raya dan Transportasi.

Departemen Pertahanan menolak menjelaskan tindakan tak senonoh seperti apa yang dilakukan politisi ini kepada perwira tersebut. "Departemen Pertahanan menerima permintaan maaf dari anggota parlemen dan puas dengan tanggapannya," kata juru bicara Dephan.

photo
Scott Buchholz kini menjabat Menteri Muda Jalan Raya dan Transportasi di Australia. Supplied: Department of Defence

Dalam kunjungan tersebut Buchholz bersama anggota DPR lainnya sempat membuat marah sejumlah pihak di Dephan karena melewatkan satu kegiatan yang dijadwalkan demi menonton pacuan kuda Darwin Cup. Seorang anggota DPR lainnya Ian Goodenough membela keputusan mereka menonton pacuan kuda di sela-sela acara yang dibiayai uang negara.

"Saya dengar Darwin Cup merupakan peristiwa besar di Australia Utara," kata Goodenough kepada ABC.

Menurut dia, anggota DPR lainnya dari Dapil setempat Luke Gosling, sudah meminta waktu beberapa jam dari Program ADF untuk nonton pacuan kuda. "Petugas penghubung ADF menyatakan jadwal program akan sedikit dimodifikasi untuk mengakomodasi kegiatan itu," ucapnya.

Simak beritanya dalam Bahasa Inggris di sini.

sumber : http://www.abc.net.au/indonesian/2019-02-07/menteri-australia-akui-bertindak-tak-senonoh-ke-seorang-anggota/10788978
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement