Senin, 22 Ramadhan 1440 / 27 Mei 2019

Senin, 22 Ramadhan 1440 / 27 Mei 2019

Gempa 6,3 Skala Richter Guncang Filipina

Senin 22 Apr 2019 17:49 WIB

Rep: Puti Almas/ Red: Ani Nursalikah

Ilustrasi Gempa

Ilustrasi Gempa

Foto: Foto : MgRol112
Tidak ada laporan mengenai korban jiwa atau kerusakan akibat gempa.

REPUBLIKA.CO.ID, MANILA -- Gempa berkekuatan 6,3 skala richter melanda Luzon, salah satu pulau utama di Filipina, Senin (22/4). Pusat gempa dilaporkan berada di Zambales, wilayah yang terletak sekitar 120 kilometer utara Ibu Kota Manila.

Baca Juga

Dilansir di The National, guncangan gempa dirasakan hingga di Manila. Banyak warga yang berada di sana mengunggah gambar dan video, memperlihakan situasi saat gempa di mana gedung-gedung tinggi bergetar. Tidak ada laporan mengenai korban jiwa atau kerusakan akibat gempa.

Seorang wartawan Reuters menyaksikan sejumlah gedung perkantoran di distrik bisnis utama ibu kota Manila goyang. Survei Geologi Amerika Serikat (USGS) mengatakan pusat gempa berada di 60 Km barat laut Manila dengan kedalaman 40 Km. USGS sebelumnya melaporkan magnitudo gempa sebesar 6,4 tetapi kemudian menurunkannya menjadi 6,3.

Dewan Manajemen dan Pengurangan Risiko Bencana Filipina melaporkan gempa yang juga terjadi setelahnya di Provinsi Zambales. Gempa tersebut berkekuatan 5,7 kilometer, terjadi sekutar pukul 17.11 waktu setempat.

Saat ini, para warga, khususnya mereka yang bekerja di gedung-gedung perkantoran diminta segera pergi. Hal itu karena gempa susulan diprediksi dapat terjadi. Filipina berada di Cincin Api Pasifik yang aktif secara seismik dan garis patahan yang mengelilingi tepi Samudera Pasifik.

Sumber : Antara
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA