Rabu, 24 Safar 1441 / 23 Oktober 2019

Rabu, 24 Safar 1441 / 23 Oktober 2019

Pangeran Philip Pensiun Mengemudi

Ahad 10 Feb 2019 13:19 WIB

Rep: Lintar Satria Zulfikar/ Red: Nidia Zuraya

Ratu Elizabeth dan Pangeran Philip.

Ratu Elizabeth dan Pangeran Philip.

Foto: Istana Buckingham via EPA
Pada 17 Januari lalu Pangeran Philip mengalami kecelakaan saat mengemudikan mobilnya

REPUBLIKA.CO.ID, LONDON -- Istana Buckingham Palace mengatakan Pangeran Philip secara sukarela sudah menyerahkan surat izin mengemudi (SIM) miliknya. Artinya suami Ratu Elizabeth yang dikenal sebagai Duke of Edinburgh tersebut sudah tidak lagi mengemudikan mobilnya sendiri.

Keputusan Pangeran Philip untuk pensiun mengemudi sendiri ini diambil setelah pada bulan lalu ia mengalami kecelakaan. "Setelah dipertimbangkan dengan hati-hati Duke of Edinburgh mengambil keputusan untuk secara sukarela menyerahkan SIM miliknya," kata Kerajaan Inggris dalam keterangan mereka, Ahad (10/2).

Pangeran berusia 91 tahun itu sama sekali tidak terluka dalam kecelakaan yang terjadi pada 17 Januari lalu. Mobil Land Rover yang ia kemudikan terbalik saat tabrakan dengan mobil lain di dekat Sandringham, timur Inggris.

Pengemudi yang bertabrakan dengan Philip, seorang perempuan 28 tahun terluka di bagian lututnya. Penumpang di mobil tersebut yakni seorang perempuan 45 tahun yang sedang hamil 9 bulan mengalami patah pergelangan tangan.

Saksi mengatakan Philip terhenti jalan utama. Dalam kecelakaan tersebut Philip mengatakan intensitas sinar matahari yang rendah membuat ia kesulitan melihat. Dua hari setelah kecelakaan Philip mendapat surat peringatan dari polisi karena mengemudi tanpa sabuk pengaman.

Kepolisian Nofolk mengonfirmasi Philip secara sukarela menyerahkan SIM miliknya pada hari Sabtu (9/2). Mereka mengatakan akan menyerahkan SIM tersebut ke pada lisensi Inggris, DVLA.

"Berkas penyelidikan tabrakan (17 Januari) sudah diserahkan ke Crown Prosecution Service untuk dipertimbangkan," kata Kepolisian Norfolk.

Philip sudah pensiun dari kehidupan publik pada tahun 2017 lalu. Tapi beberapa kali ia masih menghadiri beberapa event bersama istirnya. Di Inggris tidak ada batasan umur dalam mengemudi tapi pengemudi yang berusia di atas 70 tahun harus memperbaharui SIM mereka setiap tiga tahun sekali.

Philip mengantarkan mantan Presiden Amerika Serikat Barack Obama dan istrinya Michelle menuju makan siang di Windsor Castle dalam kunjungan mereka ke Inggris pada tahun 2016 lalu. Obama terkesan dengan cara mengemudi Philip.

"Saya harus katakan saya tidak pernah diantar oleh Duke of Edinburg sebelumnya, tapi saya bisa laporkan cara mengemudinya sangat halus," kata Obama.

Dalam kunjungannya ke Inggris pada tahun 1998 Raja Arab Saudi, Abdullah terkejut melihat Ratu Elizabeth yang terlatih sebagai pengemudi di Perang Dunia II dengan lincah naik ke kursi kemudi dan membawanya jalan-jalan. Pada saat itu Arab Saudi belum memperbolehkan perempuan mengemudi.

Baca Juga

sumber : Reuters
BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA