Ahad 30 Jun 2013 10:58 WIB

Obama Bandingkan Mandela dengan George Washington

Rep: Nur Aini/ Red: Djibril Muhammad
  Nelson Mandela mengenakan batik saat diabadikan di  pada tahun 2005.  (EPA/STR)
Nelson Mandela mengenakan batik saat diabadikan di pada tahun 2005. (EPA/STR)

REPUBLIKA.CO.ID, JOHANNESBURG -- Dalam kunjungannya ke Afrika Selatan, Obama mengatakan Nelson Mandela mementingkan kesejahteraan negara layaknya George Washington. Dia menganggap Mandela seperti pahlawan.

"Dan Nelson Mandela juga berdiri untuk kesejahteraan negara lebih penting dibandingkan kepentingan per orang. George Washington dikagumi karena dua istilah: aku akan kembali menjadi warga negara. Tidak ada batasan masa jabatan, tapi dia bilang aku seorang warga negara. Aku melayani dengan waktu yang aku miliki," ujarnya dikutip ABCnews.

Obama tidak bertemu Mandela secara langsung dalam kunjungannya. Dia menilai sejarah Afrika Selatan bersama Mandela merupakan inspirasi. "Perjuangan di sini untuk kebebasan, Madiba itu keberanian moral, transisi sejarah negara ini menjadi negara yang bebas merupakan inspirasi pribadi bagi saya, menjadi inspirasi bagi dunia," ungkapnya.

Dalam konferensi pers bersama, Presiden Afrika Selatan, Jacob Zuma mengatakan belum ada perubahan pada kondisi Mandela. Namun, dia berharap Mandela dapat segera meninggalkan rumah sakit. "Posisi mantan presiden Mandela, dia tetap kritis tapi stabil. Tidak ada yang berubah sejauh ini," ujarnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement