Ahad 26 Jul 2015 21:09 WIB

Sekolah-sekolah Inggris Ajarkan Bahasa Arab

Rep: c38/ Red: Damanhuri Zuhri
Muslim Inggris
Foto: AP
Muslim Inggris

REPUBLIKA.CO.ID, LONDON -– Sebuah laporan dari British Council menyebutkan bahasa Arab akan menjadi bahasa terpenting nomor dua bagi masyarakat Inggris di masa depan, setelah bahasa Spanyol.

Atas dasar itu, British Council mendesak sekolah-sekolah di Inggris mengajarkan bahasa Arab bagi para murid. Dilansir dari onislam.net, Ahad (26/7), kepentingan orang akan bahasa Arab meningkat pesat di Inggris.

Ini terlihat jelas dalam sensus tahun 2011, yang pertama kali mengajukan pertanyaan rinci mengenai jumlah penutur bahasa di UK. Sebanyak 159 ribu orang dari total populasi diketahui menggunakan bahasa Arab.

Statistik dari sensus 2011 ini menempatkan bahasa Arab sebagai bahasa asing dengan jumlah penutur terbanyak keenam di Inggris. Raya Al Jadir, penulis artikel ini menyatakan, itu tidak terjadi ketika ia pindah ke Inggris 28 tahun lalu.

Hampir tiga dekade lalu, sangat sulit menemukan penutur bahasa Arab di Inggris. Tidak ada penerjemah, toko-toko berlabel tulisan Arab, atau buku berbahasa Arab.

Bahasa Arab juga tidak pernah menjadi pilihan mata pelajaran di sekolah. Siswa diwajibkan mengambil bahasa Perancis atau Jerman, tapi bahasa Arab sama sekali tidak ditawarkan. Hal itu mulai berubah secara bertahap seiring peningkatan populasi Muslim di Inggris.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement