Kamis 15 Oct 2015 15:02 WIB

Cina Dituduh Tenggelamkan Kapal Vietnam

Kapal Cina berpatroli di Laut Cina Selatan
Foto: chinasmack.com
Kapal Cina berpatroli di Laut Cina Selatan

REPUBLIKA.CO.ID, QUANG NGAI -- Vietnam menuduh Cina menenggelamkan kapal nelayan mereka di dekat kepulauan sengketa di Laut Cina Selatan. Insiden ini bisa meruncingkan kembali hubungan kedua negara.

Phan Huy Hoang, pejabat di Provinsi Quang Ngai mengatakan, kapal Cina menabrak kapal kayu Vietnam dengan 10 orang di atasnya.  Kejadian berlangsung pada 29 September lalu di dekat Kepulauan Paracels. Para nelayan diselamatkan oleh kapal Vietnam lainnya.

Kasus ini telah dilaporkan oleh otoritas Vietnam dua hari lalu. "Aksi Cina terhadap nelayan dari Quang Ngai sangat agresif dan brutal," ujar Hoang melalui saluran telepon, Kamis (15/10).  Ia mengatakan, lebih dari 20 kapal Vietnam telah diserang oleh kapal Cina tahun ini.

Dang Dung, kapten kapal mengungkapkan, ia dan sembilan awak kapal sedang tidur saat kapal Cina menghantam. Lima pria Cina lantas melompat ke kapal mereka.  Pria-pria itu bersenjata pisau dan mengambil alih kapal, maupun peralatan mencari ikan. Belum jelas apakah pria Cina itu orang pemerintahan Beijing atau bukan. 

Dung mengungkapkan kapal mereka tenggelam 12 jam kemudian. Awak kapalnya harus mengambang berjam-jam sebelum diselamatkan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement