Selasa 01 Mar 2016 09:18 WIB

Ribuan Pengungsi Hadiri Pameran Lowongan Pekerjaan di Jerman

Rep: Gita Amanda/ Red: Esthi Maharani
Pengungsi Suriah di Jerman
Foto: diplo.de
Pengungsi Suriah di Jerman

REPUBLIKA.CO.ID, BERLIN -- Lebih dari 4000 pengungsi menghadiri acara pameran pekerjaan di Berlin. Acara tersebut bertujuan mengintegrasikan para pencari suaka dengan mencarikan pekerjaan untuk mereka.

Aljazirah melaporkan, ribuan pengungsi mendatangi pameran pekerjaan di Berlin. Di sana, ada 211 perusahaan dari berbagai bidang termasuk teknologi informasi, kedokteran, pariwisata dan konstruksi. Acara yang digelar pada Senin (29/2), di Estrel Hotel tersebut merupakan bagian dari upaya kolaborasi oleh sektor publik dan swasta untuk mengintegrasikan pengungsi dengan status perlindungan ke pasar tenaga kerja lokal.

Juru bicara Germany's Federal Employment Agency, penyelenggara acara, Christian Henkes mengatakan jumlah yang hadir melebihi perkiraan. Menurutnya jumlah pengusaha yang terlibat juga menunjukkan ada minat besar dari mereka memberi kesempatan pada pengungsi di negeri ini.

"Dan juga kemauan besar dari orang-orang yang datang ke sini ke Jerman untuk mendapatkan pekerjaan," ujarnya.

Total ada 476.649 aplikasi suaka yang terdaftar di Jerman tahun lalu. Jumlah tersebut hampir dua kali lipat dari tahun 2014. Jumlah pelamat memang terus meningkat tahun ini, Januari lalu saja ada 52.103 aplikasi terdaftar. Lebih dari sepertiga dari pemohon suaka pada 2015 di Jerman merupakan warga Suriah.n Gita Amanda

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement