Selasa 24 Jan 2017 04:19 WIB

Taliban Minta Trump Tarik Pasukan dari Afghanistan

Rep: Dwina Agustin/ Red: Ilham
kelompok taliban
Foto: ap
kelompok taliban

REPUBLIKA.CO.ID, KABUL -- Taliban telah menyerukan pada Donald Trump untuk segera menarik pasukan Amerika Serikat dari Afghanistan. Keberadaan pasukan selama 15 tahun tidak menghasilkan apa-apa selain peperangan.

Dalam sebuah surat terbuka kepada Presiden AS yang baru diterbitkan pada salah satu halaman web resmi Taliban, mereka mengatakan Amerika Serikat telah kehilangan kredibilitas setelah menghabiskan satu triliun dolar. Sehingga sudah waktu penarikan pasukan dilakukan segera.

"Jadi, tanggung jawab untuk mengakhiri perang ini juga bersandar pada bahu Anda," ujar penyataan itu dikutip dari Reuters, Selasa (24/1).

Sejauh ini, Trump tidak banyak bicara seputar Afghanistan. Padahal, terdapat 8.400 tentara AS yang berada di sana atas nama misi pelaithan yang berkoalisi dengan NATO untuk mendukung pasukan Afghanistan.

Taliban pun memperingatkan Trump agar tidak bergantung pada laporan yang didapat dari kepemimpinan sebelumnya. Apalagi Trump telah memberikan kritik tajam pada penangan pemerintah Amerika terhadap konflik di dunia Muslim.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement