Sabtu, 20 Safar 1441 / 19 Oktober 2019

Sabtu, 20 Safar 1441 / 19 Oktober 2019

Cina Janji Bantu 12 Miliar Dolar AS Hingga 2030

Senin 28 Sep 2015 00:55 WIB

Rep: Rr Laeny Sulistyawati/ Red: Winda Destiana Putri

Presiden Cina Xi Jinping.

Presiden Cina Xi Jinping.

Foto: AP

REPUBLIKA.CO.ID, BEIJING -- Presiden Cina Xi Jinping berjanji memberikaan dana sebesar 12 miliar dolar AS hingga tahun 2030 untuk membantu negara-negara berkembang dan untuk secara signifikan meningkatkan investasi.

Pada pertemuan sidang majelis umum perserikatan bangsa-bangsa (PBB) mengenai tujuan pembangunan, Xi mengatakan investasi akan mencapai 12 miliar selama 15 tahun ke depan.

Dia juga mengatakan, Cina akan membatalkan utang ke negara-negara paling maju di dunia dan menghapus utang bebas bunga yang dibayarkan ke Cina oleh negara-negara kecil kepulauan. Ia menambahkan, akan membantu 600 proyek di luar negeri dalam lima tahun ke depan dan menawarkan beasiswa lebih banyak.

"Melihat sekeliling dunia, perdamaian dan pembangunan tetap menjadi dua tema utama saat ini," katanya seperti dikutip dari laman BBC, Ahad (27/9).

Dia menambahkan, untuk mengatasi berbagai tantangan global, termasuk krisis pengungsi baru-baru ini di Eropa, solusi mendasar terletak pada mencari perdamaian dan mewujudkan pembangunan.

"Menghadapi berbagai tantangan dan kesulitan, kita harus tetap memegang kunci pembangunan. Hanya pembangunan yang dapat menghilangkan penyebab konflik," kata Xi.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA