Senin 02 Apr 2018 15:55 WIB

Liga Arab akan Gelar Pertemuan Darurat Bahas Palestina

Arab Saudi akan memimpin pertemuan tingkat perwakilan Liga Arab.

Rep: Marniati/ Red: Nur Aini
Bendera negara-negara peserta Liga Arab
Bendera negara-negara peserta Liga Arab

REPUBLIKA.CO.ID, KAIRO -- Liga Arab akan mengadakan pertemuan darurat pada Selasa (3/4) untuk membahas serangan mematikan Israel terhadap warga Palestina di Jalur Gaza.

Dilansir Anadolu, Senin (2/4), Asisten Sekretaris Jenderal Palestina dan Wilayah Arab Liga Arab, Saeed Abu Ali, mengatakan Arab Saudi akan memimpin pertemuan tingkat perwakilan yang akan diadakan atas permintaan Otoritas Palestina. Duta besar negara Palestina untuk Kairo Diab al-Louh mengatakan negaranya mengajukan memorandum ke Liga Arab untuk mengadakan pertemuan di tingkat perwakilan permanen untuk menyikapi serangan Israel terhadap demonstran Palestina.

Liga Arab juga menuntut masyarakat internasional memenuhi tanggung jawabnya untuk menghentikan pelanggaran Israel dan membentuk komisi penyelidikan. Serangan pada Jumat lalu (31/3) melukai hampir 1.500 orang Palestina.

Puluhan ribu demonstran berkumpul pada Jumat (31/3) di perbatasan timur Gaza dengan Israel. Mereka menuntut hak untuk kembali ke kampung halamannya di Palestina. Untuk mengantisipasi demonstrasi massa, Israel mengerahkan ribuan pasukan di sepanjang perbatasan.

Aksi tersebut dijuluki "Great March of Return". Protes juga dimaksudkan untuk menekan Israel agar menghentikan blokade Gaza yang telah berlangsung lebih dari satu dekade.

Baca juga: Ratusan Orang Berunjuk Rasa di Tel Aviv Kecam Tentara Israel

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement