Tuesday, 16 Safar 1441 / 15 October 2019

Tuesday, 16 Safar 1441 / 15 October 2019

Sejarah Hari Ini: Misi Bawa Manusia ke Luar Angkasa Sukses

Kamis 27 Dec 2018 12:44 WIB

Rep: Fergi Nadira/ Red: Nur Aini

Peluncuran misi Apollo, ilustrasi

Peluncuran misi Apollo, ilustrasi

Foto: Nasa.gov
Apollo 8 merupakan misi pesawat ruang angkasa berawak pertama kembali ke bumi.

REPUBLIKA.CO.ID, WASHINGTON -- Hari ini, tepat pada 27 Desember 1965 misi pendaratan robotik pertama ke bulan, Apollo 8 kembali dengan selamat ke Bumi setelah perjalanan bersejarah selama enam hari.

Situs History melaporkan, pada 21 Desember 1965, Apollo 8 diluncurkan oleh roket Saturn 5 dalam tiga tahap dari Cape Canaveral, Florida, dengan astronot Frank Borman, James Lovell, Jr., dan William Anders. Pada 24 Desember malam, para astronot memasuki orbit di sekitar bulan, misi kali ini merupakan misi pesawat ruang angkasa berawak pertama yang dilakukan.

Selama Apollo 8 mengorbit 10 kali, gambar-gambar hasil jepretan dikirim kembali ke Bumi dan foto-foto spektakuler diambil dari Bumi dan bulan dari pesawat ruang angkasa. Selain menjadi manusia pertama yang melihat secara langsung dunia asal mereka secara keseluruhan, ketiga astronot itu juga yang pertama melihat sisi gelap bulan.

Pada 25 Desember pagi, Apollo 8 meninggalkan orbit bulan dan memulai perjalanannya kembali ke Bumi, dan mendarat dengan aman di Samudra Pasifik pada 27 Desember.

Pada 20 Juli tahun berikutnya, Neil A. Armstrong dan Edwin "Buzz" Aldrin, astronot misi Apollo 11, menjadi orang pertama yang berjalan di bulan.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA