Jumat 10 Nov 2017 19:52 WIB

Pemimpin ISIS Baghdadi Masih Hidup?

Rep: Fira Nursya'bani/ Red: Teguh Firmansyah
Abu Bakar al-Baghdadi
Abu Bakar al-Baghdadi

REPUBLIKA.CO.ID, DAMASKUS -- Media yang dikelola Hizbullah mengatakan, pemimpin ISIS Abu Bakr al-Baghdadi dilaporkan berada di Kota Albu Kamal, Suriah. Albu Kamal merupakan markas terakhir ISIS yang diklaim telah berhasil diambil alih oleh tentara Suriah dan sekutunya.

Hizbullah tidak mengungkapkan apa yang telah terjadi pada Baghdadi dan tidak memberikan rincian lebih lanjut atau mengidentifikasi sumber dari laporan tersebut. Sementara koalisi pimpinan Amerika Serikat (AS) yang turut memerangi ISIS, mengaku tidak memiliki informasi mengenai keberadaan Baghdadi.

Pada Kamis (9/11), tentara Suriah mengumumkan kemenangan atas ISIS. Mereka mengatakan kemenangan di kota terakhir ISIS, Albu Kamal, menandai runtuhnya kelompok teror tersebut setelah menguasai wilayah itu selama tiga tahun.

Namun tentara Suriah dan sekutu-sekutunya masih memerangi ISIS di daerah gurun dekat dengan Albu Kamal, di dekat perbatasan dengan Irak. Pada Jumat (10/11), Syrian Observatory for Human Rights mengatakan ISIS masih menguasai separuh Albu Kamal.

Pesan audio yang diklaim berasal dari Baghdadi terakhir dirilis pada September lalu. Baghdadi menyatakan dirinya sebagai khalifah dan pewaris pemimpin bersejarah Islam dari masjid abad pertengahan besar di Mosul Irak pada 2014. Namun sejumlah laporan menyebut ia telah tewas.

sumber : Reuters
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement