Rabu 09 May 2018 15:36 WIB

Arab Saudi Tunjuk Perempuan Ini Menjadi Atase Dagang

Samar Binti Mazin menjadi atase dagang pertama dalam sejarah Saudi.

Rep: Fira Nursya'bani/ Red: Nur Aini
Seorang perempuan Arab Saudi berpose di depan bioskop komersil pertama yang dibuka negara tersebut.
Foto: Reuters
Seorang perempuan Arab Saudi berpose di depan bioskop komersil pertama yang dibuka negara tersebut.

REPUBLIKA.CO.ID, RIYADH -- Arab Saudi telah menunjuk seorang perempuan sebagai atase dagang. Langkah tersebut merupakan langkah pertama dalam sejarah kerajaan yang kaya akan minyak itu.

Samar Binti Mazin Saleh ditetapkan sebagai atase dagang di kantor Atase Perdagangan Arab Saudi di ibu kota Jepang, Tokyo. Penunjukkan tersebut disampaikan langsung dalam pernyataan resmi yang dikeluarkan oleh Kementerian Perdagangan dan Investasi Saudi.

"Langkah ini adalah bagian dari kebijakan kementerian untuk memberdayakan perempuan," kata kementerian itu, seperti dilaporkan laman kantor berita Anadolu.

Samar memegang gelar master dalam jurnalisme dan media internasional dari City University di London. Dia sebelumnya bekerja sebagai penanggung jawab untuk mengembangkan pertukaran perdagangan di Kantor Atase Perdagangan di Kedutaan Besar Arab Saudi di Italia.

Arab Saudi baru-baru ini telah memperkenalkan sejumlah reformasi yang melibatkan perempuan. Salah satu reformasi terbesarnya adalah memungkinkan perempuan untuk mengemudi dan memasuki stadion olahraga.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement