Kamis 21 Feb 2019 18:25 WIB

Turki Sita Lukisan Ratusan Tahun yang Bergambar Yesus

Kepolisian Turki tengah gencar melakukan operasi antipenyelundupan barang bersejarah.

Rep: Andrian Saputra/ Red: Nashih Nashrullah
Museum Ayasofya, Istanbul, Turki.
Foto: Republika/Arif Supriyono
Museum Ayasofya, Istanbul, Turki.

REPUBLIKA.CO.ID, ISTANBUL -- Kepolisian Turki menyita lukisan anyaman kuno abad ke-13 yang memuat gambar Yesus dan murid-muridnya.

Lukisan tersebut disita Tim Anti Penyelundupan Kepolisian Turki dalam sebuah operasi di gedung kelas atas Kayseri, Turki. Polisi pun menahan tersangka saat berusaha menjual lukisan yang tak ternilai harganya itu. 

Baca Juga

“Berukuran panjang 200 sentimeter dan lebar 140 sentimeter, lukisan itu juga memiliki tulisan dalam bahasa Ibrani dan Latin,” seperti dilansir Daily Sabah pada Kamis (21/2). 

Sementara itu para  peneliti tengah menyelidiki asal-usul karya seni bernilai sejarah itu. Kepolisian Turki tengah gencar melakukan operasi antipenyelundupan barang-barang bersejarah. 

Ribuan operasi telah dilakukan di seluruh Turki setiap tahunnya untuk menghentikan penjualan benda-benda bersejarah secara ilegal dan melindungi warisan budaya negara.  

Masalah itu menjadi penting bagi Turki yang memiliki 3.000 kota kuno  dari 42 peradaban. Selain itu terdapat industri wisata yang mengandalkan warisan sejarah yang  kaya untuk menarik jutaan orang asing tiap tahunnya.  

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement