Senin, 17 Sya'ban 1440 / 22 April 2019

Senin, 17 Sya'ban 1440 / 22 April 2019

Fosil Hewan Laut Berumur Jutaan Tahun Ditemukan di Turki

Senin 25 Mar 2019 10:14 WIB

Rep: Andrian Saputra/ Red: Nashih Nashrullah

Fosil (ilustrasi)

Fosil (ilustrasi)

Foto: IST
Penemuan fosil itu penting bagi sejarah geologi Anatolia.

REPUBLIKA.CO.ID, MUS—Sejumlah fosil hewan laut ditemukan di Provinsi Mus, Turki Timur. Fosil-fosil hewan laut seperti kerang dan siput itu diyakini berasal dari era jutaan tahun lalu. 

Warga desa Yedikavak yang berada 10 kilometer dari pusat distrik Berto menemukan fosil-fosil tersebut setelah salju di wilayah itu mencair.  

Baca Juga

Tim peneliti dari Universitas Mus Alparslan (MSU) langsung berangkat ke daerah itu setelah warga memberitahu tentang penemuan benda-benda purba yang terdapat di 650 meter di atas permukaan laut tersebut. 

Penelitian awal mengungkapkan bahwa fosil-fosil itu berasal dari periode Miosen Tengah dan berasal dari Danau Acisu yang meliputi dataran Mus hingga Provinsi Van saat ini.  

Ahli geomorfologi, Iskender Dolek, mengatakan melalui tes karbon dan metode penentuan usia paleontologist, terungkap bahwa fosil tersebut berasal dari 11 juta tahun lalu. 

Dia menambahkan bahwa penemuan itu menjadi penting terutama bagi sejarah geologi Anatolia.

“Ada juga beberapa mikrofosil di samping cangkang  kerang dan fosil siput, itu penting dalam hal kondisi geomorfologi paleopedologis dan paleo di wilayah tersebut,” kata Dolek seperti dilansir Daily Sabah pada Sabtu (23/3).  

Sementara para ilmuan berharap dengan temuan baru itu dapat menarik wisatawan ke wilayah itu, terutama yang menyukai lingkungan dan alam sebagai tujuan wisatanya. 

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA TERKAIT

 

BERITA LAINNYA