Ahad 27 Mar 2011 07:20 WIB

Prancis Hancurkan Tujuh Pesawat Libya

REPUBLIKA.CO.ID,PARIS - Pesawat-pesawat perang Prancis telah menghancurkan lima pesawat dan dua helikopter militer Libya di pangkalan udara Misrata dalam 24 jam terakhir. Pasukan bersenjata Prancis mengumumkan kabar tersebut.

Juru bicara pasukan bersenjata, Thierry Burkhard, mengatakan semua tujuh pesawat militer Libya tersebut dihancurkan ketika berada di pangkalan dekat kota Misrata yang dikuasai pemberontak. Pesawat-pesawat militer Libya itu sedang bersiap untuk melakukan serangan ketika dihancurkan.

Satu patroli jet tempur Rafale Prancis, yang didukung oleh sebuah AWACS Hawkeye E2-C, melakukan serangan udara pada Sabtu (26/3) malam. ''Sekitar 20 pesawat Prancis didukung oleh empat tanker dan sebuah AWACS E3F menghantam sejumlah sasaran pada hari itu,'' kata pasukan bersenjata dalam satu pernyataan.

Serangan-serangan itu bagian dari serangan yang dimandatkan PBB oleh koalisi Barat untuk menghentikan serangan pasukan Muamar Qadafi terhadap pemberontak yang berusaha untuk mengakhiri 41 tahun pemerintahannya. Pemberontakan terjadi di daerah Misrata dn Zintan. Didukung oleh serangan udara koalisi, pemberontak telah merebut kembali kota strategis Ajdabiyah, Sabtu, setelah pertempuran sepanjang malam yang memberikan kesan perubahan kondisi pada pasukan Qadafi di timur.

sumber : Antara/Reuters

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement