Kamis 31 Mar 2011 19:50 WIB

Tentang Qaddafi, Menlu Libya Kabur ke Inggris

Rep: cr01/Al-Islam Al-Yaum/ Red: Ajeng Ritzki Pitakasari

REPUBLIKA.CO.ID, LONDON - Pemerintah Inggris mengumumkan bahwa Menteri Luar Negeri Libya, Musa Kusa, tiba di Inggris setelah mengundurkan diri dari Pemerintahan Kolonel Muammar Qaddafi.

"Kami dapat mengkonfirmasi bahwa Musa Kusa tiba di bandara Farnborough pada tanggal 30 Maret, datang dari Tunisia. Dia datang ke sini atas kehendaknya sendiri dan memberitahu kami bahwa ia mengundurkan diri dari jabatannya" kata juru bicara Departemen Luar Negeri Inggris dalam sebuah pernyataan, Rabu (30/3).

"Kusa adalah salah satu tokoh besar dalam pemerintahan Qaddafi dan perannya sebagai perwakilan di tingkat internasional tidak dilakukannya lagi," ia menambahkan. Juru bicara Departemen Luar Negeri Inggris juga mendesak orang-orang di sekitar Qaddafi agar menyerah.

Sebelumnya, Nu’man bin Usman, sahabat Kusa yang kini menjadi analis senior di pusat penelitian Quilliam Inggris mengatakan, Kusa tiba di Inggris hari Rabu untuk meminta suaka politik setelah meninggalkan pemerintah Libya sebagai protes atas serangan pasukan Qaddafi terhadap penduduk sipil.

“Sesungguhnya Kusa meninggalkan rezim Qaddafi karena ia sama sekali tidak mendukung serangan pemerintah terhadap penduduk sipil,” kata Usman.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement