Jumat 01 Apr 2011 09:40 WIB

Pakistan: Umar Patek Rencanakan Serang Australia

Umar Patek, ilustrasi
Foto: The Mindanao Examiner
Umar Patek, ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, ISLAMABAD--Buron teroris kelas kakap, Umar Patek, diklaim sudah 'bernyanyi' terkait sepak terjangnya. Menurut sumber pejabat keamanan di Pakistan, gerombolan Umar Patek merencanakan serangan teror baru. Namun informasi ini masih dicek kebenarannya.

Pakistan menurunkan tim khusus untuk menginterogasi Umar Patek, yang diberitakan ditangkap Selasa (29/3). Menurut sumber intelejen Pakistan, Patek sudah membeberkan sejumlah informasi penting.

"Salah satunya tentang plot terorisme di Australia dan sejumlah negara lain. Kami tengah mempelajari informasi ini," demikian sumber tersebut, seperti dikutip dari The Nation, Jumat.

Menurut Pakistan, Patek dipercaya punya jaringan langsung ke Alqaidah. Patek juga diburu di sejumlah negara seperti Australia, Filipina, Amerika Serikat, dan Indonesia. Bahkan AS menghargai kepala pria yang dijuluki 'little Arab' ini seharga sejuta dolar AS.

Patek juga diklaim terlibat dalam serangkaian bom di Indonesia dan kamp militer di Filipina Selatan. Mantan pejuang Afghanistan ini, diklaim berperan dalam Bom Bali I 2002.

sumber : the nation
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement