Senin 02 May 2011 14:14 WIB
Osama bin Laden Tewas

Inilah Kronologis Penyerangan Osama bin Laden

Osama bin Laden di Pakistan
Foto: AP
Osama bin Laden di Pakistan

REPUBLIKA.CO.ID,NEW YORK - Presiden Amerika Serikat, Barack Obama, akhirnya memberikan perintah untuk operasi mengejar Osama bin Laden pada Jumat (29/4) pagi. Obama memberikan perintah penyerangan Osama  beberapa saat sebelum berangkat ke Alabama yang diterjang badai tornado.

Pada ahad (1/5) pagi di Pakistan, aksi penyerangan Osama dimulai. Di Amerika Serikat, waktu menunjukkan pukul 13/00 waktu setempat. Para penasehat Obama telah berkumpul di Gedung Putih. Pada sekitar pukul 02.00, Obama tiba di Gedung Putih untuk bergabung dengan para penasehatnya. Obama meninjau persiapan akhir untuk operasi penangkapan Osama.

Pada pukul 15.32, Obama kembali ke Situation Room untuk mendengarkan laporan perkembangan penangkapan Osama. Selang 18 menit kemudian, Obama mendapat informasi bahwa Osama bin Laden diidentifikasi sementara sebagai salah satu dari beberapa orang yang tewas dari penyerangan tersebut.

Pada pukul 7 malam, Obama mengatakan itu adalah probabilitas tinggi. Itu memang Osama bin Laden. Salah seorang pejabat Gedung Putih menyebutkan Osama tewas dalam sebuah baku tembak.

Sebelum mengumumkan berita bahwa Osama bin Laden telah tewas, Obama menelpon mantan presiden Bill Clinton dan George W. Bush untuk menyampaikan berita tersebut. Saat Obama melangkah ke podium, ratusan telah berkumpul di luar Gedung Putih untuk merayakan tewasnya Osama.

sumber : www.news.yahoo.com
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement