Rabu 25 May 2011 12:16 WIB

Rakyatnya Kelaparan, Kim Jong Il Ngumpet-Ngumpet Pergi ke China

Kim Jong Il
Foto: Telegraph
Kim Jong Il

REPUBLIKA.CO.ID,BEIJING - Pemimpin Korea Utara, Kim Jong-il, dilaporkan tengah berada di Beijing untuk sebuah pertemuan dengan Presiden China, Hu Jintao.

Dalam beberapa laporan, kendaraan yang membawa Kim Jong-il itu disebutkan terlihat di kota. Kendaraan tersebut mendapat pengawalan dari iring-iringan sepeda motor bersenjata.

Cina sendiri telah mengkonfirmasi keberadaan Kim di Negari Tirai Bambu tersebut. Ini merupakan kunjungan ketiganya dalam satu tahun terakhir.

Kunjungan tersebut juga mengemuka setelah rakyat Korut mengalami kekurangan persediaan makanan akibat sanksi yang diberikan terkait dengan pengembangan program nuklir negara itu. Ekonomi Korea Utara dalam beberapa tahun terakhir memang tengah terpuruk. Cina sepertinya ingin mencegah adanya krisis politik yang bisa menyebabkan perbatasannya dibanjiri oleh pegungsi dari Korea Utara.

Kim juga disebut-sebut tengah mencari dukungan dari Cina untuk mendukung anak termudanya untuk menggantikannya sebagai pemimpin Korut. Biasanya kedua negara tidak pernah mengumumkan secara detail hasil pertemuan diantara kedua negara.

sumber : www.bbc.co.uk
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement