Senin 06 Jun 2011 10:07 WIB

Paspor Barack Obama Menelan Korban

Presiden AS Barack Obama
Foto: AP
Presiden AS Barack Obama

REPUBLIKA.CO.ID,NEW YORK - Jangan main-main dengan paspor milik pejabat tinggi. Mungkin nasihat itulah yang harus diingat oleh para petugas imigrasi di bandar-bandar udara.

Sebab, seorang petugas imigrasi di bandar udara kecil di Deauville, Prancis, dinonaktifkan setelah berfoto sambil memegang paspor milik seorang pejabat tinggi. Siapa pejabat tinggi itu? Tak lain adalah Presiden Amerika Serikat Barack Obama yang datang ke kota wisata itu untuk menghadiri Konferensi Tingkat Tinggi Negara G-8 belum lama ini.

Petugas itu dianggap berbuat tidak sopan terhadap delegasi Amerika Serikat dengan membuat foto dirinya dan paspor Presiden Obama sebagai kenang-kenangan.

"Delegasi Amerika Serikat yang menyerahkan paspor itu merasa terganggu," kata perwakilan pegawai imigrasi di Serikat Pekerja Philippe Bock kepada AFP. "Hukuman datang dengan cepat."

Bock menambahkan bahwa petugas itu nampaknya akan segera dipindahkan ke departemen lain. Sementara juru bicara layanan imigrasi, Jean-Roald L'Hermitte, membenarkan bahwa telah terjadi insiden yang melibatkan pegawai senior saat pemeriksaan paspor delegasi Amerika Serikat.

Radio France Bleu melaporkan pegawai senior yang dimaksud adalah kepala layanan imigrasi setempat. Namun, L'Hermitte tidak mau menyebutkan identitas pegawai itu. Dia hanya mengatakan pegawai tersebut dirumahkan selama tiga pekan sambil menunggu hasil pemeriksaan.

sumber : www.bbc.co.uk
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement