Kamis 09 Jun 2011 20:42 WIB

Polling Gallup: Rakyat Mesir Tolak Bantuan Amerika

Mesir-Amerika
Foto: theglobal-review.com
Mesir-Amerika

REPUBLIKA.CO.ID,Lembaga polling Gallup merilis laporan bahwa mayoritas rakyat Mesir menolak bantuan dari Amerika Serikat. Kantor berita Fars (9/6) mengutip laporan koran al-Wafd menyebutkan, dalam polling terbarunya, Gallup menyatakan bahwa rakyat Mesir memandang negatif pada rencana bantuan finansial Amerika Serikat dan mereka menuntut pemerintah menolak tawaran bantuan tersebut.

Berdasarkan polling tersebut, 52 persen rakyat Mesir menolak segala bentuk bantuan ekonomi dari Amerika Serikat. 75 persen responden menilai bantuan finansial Amerika Serikat terhadap partai-partai Mesir sebagai campur tangan terhadap urusan dalam negeri dan menentang bantuan tersebut.

Rakyat Mesir menilai bantuan finansial Amerika Serikat sebagai upaya Washington mencampuri proses politik Mesir dan dengan tujuan menyetir masa depan politik Mesir.

Sementara itu, 88 persen rakyat Mesir menentang intervensi Amerika Serikat dalam atmosfer politik Mesir. Sebelumnya, rezim diktator Hosni Mubarak, merupakan salah satu sekutu utama Amerika Serikat di kawasan. Rezim Mubarak juga menerima bantuan tahunan besar dari Amerika.

Seorang pengamat politik Gallup, Muhammad Yunis kepada televisi ABC Amerika mengatakan, "Secara keseluruhan, rakyat Mesir menilai negatif bantuan finansial Amerika."

Pada KTT G8, para pejabat Amerika Serikat menyatakan akan mengucurkan bantuan 40 miliar dolar untuk Tunisia dan Mesir. Namun niat itu mendapat kecaman keras dari berbagai tokoh politik revolusioner Mesir dan negara-negara regional.

 

sumber : IRIB/MZ/Fars
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement