Sabtu 09 Jul 2011 08:45 WIB

Korban Tornado AS Menjadi 159 di Joplin

REPUBLIKA.CO.ID,CHICAGO--Jumlah korban tornado tunggal paling mematikan yang menyerang Amerika Serikat dalam enam dekade meningkat menjadi 159 orang setelah seorang wanita meninggal karena lukanya, kata para pejabat di Joplin, Missouri, Jumat.

Jumlah korban itu menjadikan total korban angin tornado dalam tahun ini menjadi 545 orang, membuatnya tornado 2011 sebagai tornado paling mematikan sejak 1936, dan musim terburuk ketiga dalam catatan, menurut badan cuaca nasional.

Dua hari yang buruk menyumbang hampir semua kematian: yakni bencana puluhan tornado yang menewaskan 314 orang di lima negara bagian pada 27 April dan angin puting beliung besar yang melanda Joplin pada 22 Mei.

Puting beliung itu selebar hampir satu mil dan mengemas angin lebih dari 200 mil per jam yang memotong enam mil (hampir 10 kilometer) petak kehancuran melalui kota yang berpenduduk 50.000 orang tersebut.

Para pejabat memperkirakan akan menelan biaya miliaran dolar untuk memperbaiki kerusakan fisik yang disebabkan oleh angin puting beliung dahsyat yang mematikan itu dan memerlukan beberapa bulan untuk memulihkan kehidupan kembali di kota itu.

 

sumber : antara/AFP
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement