Jumat 22 Jul 2011 19:17 WIB

Banjir di Bangladesh, Empat Tewas 200 Ribu Orang Telantar

REPUBLIKA.CO.ID,DHAKA--Sedikitnya empat orang tewas dan lebih dari 200.000 orang telantar setelah hujan lebat tiga hari yang menimbulkan banjir bandang dan tanah longsor di Bangladesh tenggara, kata para pejabat Jumat. Pusat prakiraan dan peringatan banjir mengatakan curah hujan lebih dari 49 centimeter melanda distrik Cox's Bazaar sejak Rabu, menggenangi setidaknya 200 desa di daerah perbukitan.

"Seorang anak terkubur lumpur akibat tanah longsor dan tiga orang lainnya hanyut dibawa air akibat hujan lebat," kata kepala pemerintah distrik Cox's Bazaar Zainul Bari kepada AFP. Ia mengatakan dua orang lagi hilang dan lebih dari 200.000 orang telantar akibat banjir, yang memaksa 3.200 keluarga mencari tempat mengungsi di gedung-gedung sekolah, tempat penampungan korban topan dan di dataran yang tinggi.

Pihak berwenang lokal mendistribusikan bantuan kepada mereka yang sangat membutuhkan. Bangladesh tenggara rawan banjir bandang karena puluhan ribu orang tinggal di rumah-rumah sederhana di bukit-bukit yang gundul.

Awal bulan ini, paling tidak 17 orang tewas di distrik Chittagong akibat tanah longsor setelah hujan lebat. Sedikitnya 53 orang tewas Juni tahun lalu ketika hujan lebat yang menyebabkan tanah longsor dan banjir bandang di daerah luas di distrik Cox's Bazaar.

sumber : antara/AFP
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement