Senin 03 Oct 2011 20:24 WIB

Muslimah Sri Lanka Rilis Buku Warisan Peradaban Islam

Rep: Agung Sasongko/ Red: Chairul Akhmad
Bocah Muslim Sri Lanka tengah bermain komedi putar di Kota Colombo, Sri Lanka.
Foto: AP
Bocah Muslim Sri Lanka tengah bermain komedi putar di Kota Colombo, Sri Lanka.

REPUBLIKA.CO.ID, COLOMBO – Forum Riset dan Aksi Muslimah Sri Lanka merilis buku warisan peradaban Islam di Timur Sri Lanka. Buku ini diperkenalkan secara resmi kepada publik di Sri Lanka Foundation Institute, Colombo, Ahad (2/10).

 

Seperti dikutip dailynews.ik, Senin (3/10), buku ini berisi catatan gaya hidup masyarakat tradisional dan budaya umat Islam di Timur Sri Lanka, seperti tata cara kelahiran, perkawinan dan kematian.

Buku ini juga berisi beragam topik yang berkaitan dengan warisan Islam dari timur yang disumbangkan oleh ulama terkemuka Sri Lanka, seperti cerita rakyat, seni arsitektur dan kerajinan, makanan dan minuman, pakaian dan ornamen, kehidupan ekonomi dan organisasi sosial.

 

Jumlah penduduk Sri Lanka saat ini sekitar 21 juta jiwa. Sebanyak 74 persen di antaranya adalah Suku Sinhala yang umumnya beragama Budha madzhab Theravada. Sisanya, 15 persen adalah Suku Tamil yang umumnya beragama Hindu dan 9 persen lagi Muslim.

Agama Islam masuk ke negeri ini dibawa oleh para pedagang keturunan Arab dan India Tamil, sekitar 1.000 tahun lalu. Meski minoritas, Muslim Sri Lanka memiliki posisi terhormat, baik secara sosial, ekonomi maupun politik. Di Colombo, Muslim dikenal sebagai orang kaya, karena kebanyakan mereka berprofesi pedagang.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement