Rabu 26 Oct 2011 10:50 WIB

Truk Pembawa Sarang Lebah Terguling, Jutaan Lebah Terbang Penuhi Jalan

Papan pengumuman 'awas lebah'. (ilustrasi)
Foto: www.latimesblogs.latimes.com
Papan pengumuman 'awas lebah'. (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID,SALT LAKE CITY - Bayangkan jika truk yang membawa ratusan sarang lebar terguling? Sudah pasti jutaan lebah penghuni sarang tersebut akan keluar beterbangan.

Itulah yang terjadi di Utah, Amerika Serikat, Ahad (23/10) malam waktu setempat. Satu truk bak terbuka yang membawa ratusan sarang lebah terbalik di jalan raya. Alhasil, jutaan lebah keluar sarang dan memaksa pihak berwenang menutup sementara wilayah tersebut.

"Pengemudi truk kehilangan kendali, menabrak penghalang beton dan mobilnya terbalik. Tentu saja, kemudian lebah ada di mana-mana," kata Kopral Todd Johnson di Utah Highway Patrol.

Jalan raya di Utah selatan itu ditutup selama beberapa jam pada Ahad malam (23/10) sampai Senin pagi. Peternak lebah sepanjang malam berusaha mengumpulkan lebah yang "meloloskan diri" tersebut.

Para pejabat mengatakan jaring dipasang untuk menutupi sarang lebah. Tapi, tetap banyak lebah yang berhasil meloloskan diri setelah truk tersebut terbalik.

Pengemudi truk dan dua polisi tersengat lebah. ''Tapi, sengatan tersebut tak mengancam nyawa,'' kata Johnson. "Ada sebanyak 450 koloni di dalam muatan dan barangkali sebanyak 45.000 lebah di tiap koloni tersebut.''

Itu berarti ada lebih dari 20 juta lebah. Lebah-lebah tersebut akan dibawa ke Bakersfield, California, untuk penyerbukan kenari pada musim semi berikut.

"Kami mengembalikan peralatan ke tempatnya, menaruhnya kembali di truk dan peti kemas dan apa pun yang dapat kami temukan untuk menghilangkan mereka dari sana," kata peternak lebah, Melvin Taylor, dari Santa Clara, Utah. "Lalu kami berusaha memindahkan mereka sejauh mungkin dari daerah metropolitan. Sebab ketika lebah itu aktif hari ini, mereka akan mengamuk gara-gara rumah mereka hancur berantakan," tambah Taylor.

sumber : Antara/Reuters
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement