Jumat 06 Apr 2012 20:30 WIB

Kapal Cina Dibajak di Teluk Oman

Kapal Kargo pengangkut kontainer komiditi ekspor (ilustrasi)
Foto: sustainabilityninja.com
Kapal Kargo pengangkut kontainer komiditi ekspor (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, BEIJING - Satu kapal milik Cina dibajak oleh para perompak, Jumat (6/4) di Teluk Oman, selatan Iran. Peristiwa itu dilapokan media mengutip pernyataan kedubes Cina di Iran.

Kapal barang itu dibajak pada Jumat pagi dekat pelabuhan Chabahar Iran, kata kantor berita Cina Xinhua. Kedubes Cina di Iran memprakarsai satu operasi"darurat" yang bertujuan untuk menyelamatkan kapal itu,tambahnya.

"Kedubes Cina segera menjalin kontak dengan pihak berwenang Iran meminta Iran melakukan tidakan-tindakan yang diperlukan untuk menyelamatkan sepenuhnya kapal itu dan awaknya," kata Xinhua. Kedubes itu tidak merinci lebih jauh termasuk kebangsaan para perompak.

Cina terlibat dalam misi anti-pembajakan di Teluk Aden lepas pantai Somalia dan di perairan internasional dekat Teluk Oman. Sejak tahun 2008, China mengirim 10 misi pengawaalan dan lebih dari 8.000 personil militer ke Teluk Aden untuk mengawal lebih dari 4.300 kapal dalam proses itu, kata surat kabar China Daily tahun lalu, demikian AFP melaporkan.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement