Sabtu 07 Apr 2012 19:20 WIB

Angka Pengangguran Amerika Turun Tipis

Rep: Adi Wicaksono/ Red: Karta Raharja Ucu
Pengangguran di AS (ilustrasi)
Pengangguran di AS (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, WASHINGTON -- Tingkat pengangguran di Amerika Serikat dikabarkan menurun ke angka 8,2 persen per Maret tahun ini. Angka ini merupakan yang terendah dalam tiga tahun terakhir.

Meski mengalami penurunan, jumlah pengangguran di AS masih memprihatinkan, yakni hampir mencapai 13 juta jiwa. Lambatnya rasio penyerapan kerja, dipandang sebagai sebuah sinyal masih banyaknya permasalahan dalam perbaikan ekonomi. "Kami tidak memandang penurunan ini berpengaruh signifikan pada tren pertumbuhan penyerapan kerja," kata ekonom senior Michael Gapen seperti dilansir Aljazeera, Sabtu (7/4).

Pada Maret 2012, kegiatan ekonomi menyerap 120 ribu tenaga kerja. Angka tersebut masih di bawah ekspektasi sebanyak 200 ribu tenaga kerja yang terserap. Kegagalan dalam pencapaian ekspektasi ini akibat jatuhnya angka penyerapan kerja di sektor retail.

Presiden Amerika, Barack Obama mengapresiasi penurunan angka pengangguran ini. Meski demikian, Obama mengakui masih banyak pekerjaan yang harus dilakukan untuk menciptakan lebih banyak lapangan kerja.

"Tidak ada isu yang lebih penting saat ini selain pemulihan ekonomi. Hal ini dimulai dengan menjamin bahwa setiap orang yang membutuhkan pekerjaan bisa mendapatkannya," kata dia.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement