Kamis 12 Apr 2012 12:09 WIB

Hanya Dua Menit, Keramik Senilai 29 Miliar Ini Digondol Maling

Keramik cina yang dicuri
Foto: dailymail
Keramik cina yang dicuri

REPUBLIKA.CO.ID, Komplotan pencuri hanya butuh waktu sekitar dua menit untuk membawa kabur artefak senilai dua juta pounds atau sekitar Rp 29 miliar dari sebuah museum. Mereka hanya perlu membobol tembok dan membuat sebuah lubang di dinding batu bata museum yang merupakan bagian dari Museum Oriental di Durham University, Inggris.

Mereka memang butuh waktu sekitar 40 menit dengan peralatan khusus untuk membuat lubang itu. Namun, saat berada di dalam, mereka hanya butuh waktu sekitar dua menit untuk membawa lari keramik cina itu. Selain keramik itu, mereka juga menggondol sebuah porselen cina yang dipamerkan dalam lemari terpisah.

Pihak kepolisian menduga kejahatan itu dilakukan oleh komplotan terorganisir. Mereka juga menduga kuat bahwa pencurian itu dilakukan berdasarkan permintaan khusus dari pasar potensial. Pihak berwajib mulai mengadakan penyidikan dan menangkap sejumlah tersangka terkait ini.

Keramik itu diperkirakan dibuat pada 1769. Keduanya berasal dari Dinasi Qing, dinasti terakhir di Cina yang berakhir sekitar satu abad lalu.

 

sumber : dailymail
BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement