Ahad 13 May 2012 17:22 WIB

Mesir Tengahi Israel-Palestina Soal Aksi Mogok Tahanan

Rep: Lingga Permesti/ Red: Dewi Mardiani
Tahanan Palestina
Tahanan Palestina

REPUBLIKA.CO.ID, RAMALLAH -- Para pejabat Palestina juga mengatakan, mediator Mesir mencoba mencari solusi dengan Israel dan Palestina untuk mengakhiri mogok makan para tahanan Palestina. Para pejabat tidak mau disebut namanya karena kepekaan masalah tersebut. Para pejabat Mesir juga tidak bersedia berkomentar.

Pemimpin Palestina, Mahmoud Abbas Sabtu (12/5) juga meminta agar pemerintah Amerika Serikat (AS) mengikuti penyelesaian masalah tahanan Palestina. Dengan begitu, ia mengharapkan agar dapat memenuhi permintaan yang diajukan tahanan Palestina yang sedang melakukan mogok makan di penjara Israel.

Sekitar 1.600 tahanan Palestina di penjara-penjara Israel sedang mogok makan untuk menuntut kondisi penjara yang lebih baik, termasuk mengakhiri penahanan tanpa pengadilan. Pembicaraan yang ditengahi Mesir menandakan pertama kalinya negosiasi dilakukan secara substantif untuk meredakan aksi protes.

Dua tahanan, Thae Halahla dan Bilal Diab melakukan mogok makan selama lebih dari 70 hari. Keduanya adalah anggota jihad Islam, sebuah kelompok yang berjanji akan menghancurkan Israel. Mereka menuntut untuk menghentikan penahanan secara administratif dan mendesak agar anggota keluarga para tahanan dapat mengunjungi mereka.

sumber : AP/Reuters
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement