Jumat 15 Jun 2012 15:36 WIB

Iran Siap Bantu 'Kebangkitan' Afghanistan

Menteri Luar Negeri Iran Ali Akbar Salehi.
Foto: AP
Menteri Luar Negeri Iran Ali Akbar Salehi.

REPUBLIKA.CO.ID, TEHERAN -- Menteri Luar Negeri Iran Ali Akbar Salehi dalam satu pembicaraannya dengan Presiden Afghanistan, Hamid Karzai, di Kabul, menyatakan kesiapan Teheran membantu proyek-proyek pembangunan di Afghanistan.

Salehi melakukan perjalanan ke Afghanistan pada Kamis untuk menghadiri konferensi satu hari bertajuk "Masa Depan Afghanistan" di Kabul. Selama konferensi itu, Salehi menguraikan sikap Iran tentang niatannya dalam pembentukan stabilitas dan keamanan di Afghanistan, serta pembangunan ekonomi negara itu.

Dalam kesempatan itu, Salehi juga menyampaikan undangan resmi dari Presiden Iran Mahmud Ahmadinejad kepada Karzai untuk turut serta dalam Konferensi Tingkat Tinggi ke-16 Gerakan Non-Blok (GNB) mendatang yang akan diadakan di Teheran.

Atas undangan ini, Karzai menyatakan Afghanistan akan berpartisipasi dalam KTT GNB yang akan diselenggarakan 26-31 Agustus mendatang.

Dalam konferensi itu, Salehi juga bertemu dengan menteri luar negeri dari berbagai negara termasuk Turki, Afghanistan, Tajikistan dan Inggris dan wakil menteri luar negeri Cina untuk membahas perkembangan regional dan internasional masing-masing negara.

sumber : Antara/Irna-Oana
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement