Senin 06 Aug 2012 11:06 WIB

Jepang Peringati 67 Tahun Tragedi Hiroshima

Rep: Gita Amanda/ Red: Hafidz Muftisany
Peringatan 67 tahun tragedi bim atom Hiroshima di Hiroshima Peace Memorial
Foto: dw.de
Peringatan 67 tahun tragedi bim atom Hiroshima di Hiroshima Peace Memorial

REPUBLIKA.CO.ID, HIROSHIMA-- Hari ini Jepang memperingati 'ulang tahun' ke 67 pemboman atom yang dilakukan Amerika Serikat di Hiroshima, Jepang. Peristiwa tersebut merupakan kasus pertama penggunaan bom atom pada manusia, yang mengakibatkan kematian puluhan ribu orang.

Puluhan ribu orang termasuk, termasuk korban selamat, keluarga korban dan pejabat pemerintah Jepang hari ini (6/8) menghadiri upacara tahunan di Hiroshima Peace Memorial. Mereka hadir untuk mengenang peristiwa pemboman yang terjadi 67 tahun silam.

Saat itu 6 Agustus 1945, Hirosima hancur lebur. Setelah pesawat AS b-29 Enola Gay menjatuhkan bom atom di wilayah kota Hiroshima. Insiden tersebut menewaskan sekitar 140 ribu orang baik langsung maupun tak langsung. Selang tiga hari kemudian, serangan bom atom kembali menewaskan lebih dari 70 ribu orang di kota Nagasaki.

Serangan bom atom di Hiroshima dan Nagasaki adalah serangan nuklir yang dilakukan selama Perang Dunia II. Serangan terhadap kekaisaran Jepang tersebut atas perintah Presiden Amerika Serikat Harry S.Truman. Enam hari setelah dijatuhkannya bom atom di Nagasaki, pada 15 Agustus, Jepang mengumumkan bahwa Jepang menyerah tanpa syarat kepada Sekutu

sumber : AFP
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement