Senin 13 Aug 2012 21:01 WIB

Jelang Kongres PKC, Pemerintah Cina Tampilkan Kesan Bersatu

Petinggi Partai Komunis Cina dalam kongres nasional lima tahun lalu
Foto: teluguvani.com
Petinggi Partai Komunis Cina dalam kongres nasional lima tahun lalu

REPUBLIKA.CO.ID, BEIJING -- Menjelang Kongres Partai yang digelar pada Oktober nanti adalah waktu yang genting, menurut wartawan Hong Kong, Willy Lam, Senin (13/8). Pemimpin Cina berusaha sebaik mungkin untuk memberikan kesan bersatu dan stabil. Topik pembicaraan yang menyebabkan sengketa diprediksi bukan termasuk agenda.

Pada tahun terakhir masa jabatannya, Presiden Hu dan Perdana Menteri Wen akan kembali memberikan argumentasi bagi haluan politik, yang sudah mereka ikuti dalam sepuluh tahun terakhir.

Salah satu fokus kongres tahun ini adalah perkembangan ekonomi yang stabil. Para pakar setempat meramalkan setelah perkembangan ekonomi mencapai 9,2 persen pada 2011, tahun ini akan terjadi kemunduran besar.

Pada saat bersamaan, Cina harus mengatasi inflasi tinggi. "Bagaimana pemimpin Cina akan menghadapi situasi ekonomi ini? Apakah akan ada langkah-langkah untuk stimulasi ekonomi, atau apakah pemerintah akan lebih berhati-hati untuk mengatasi inflasi dan mencegah terjadinya kenaikan harga yang drastis di pasar properti?," kata pakar politik Joseph Cheng.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement