Selasa 28 Aug 2012 05:59 WIB

Wuih, Senjata Buatan AS Laris Manis, Saudi Pengimpor Terbesar

Jet Tempur AS (ilustrasi)
Jet Tempur AS (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, WASHINGTON---Penjualan senjata Amerika Serikat ke negara-negara lain hampir mencapai tiga kali tahun lalu senilai 66,3 miliar dolar, memberikan Amerika pangsa pasar hampir 80 persen, kata para peneliti pemerintah Senin.

Lembaga Riset Kongres (CRS) mengatakan angka AS untuk tahun 2011 itu merupakan yang tertinggi dalam sejarah program ekspor senjata.

Arab Saudi termasuk negara pengimpor senjata terbesar dengan nilai mencapai 29,4 miliar. Negara pengekspor minyak itu membeli 84 jet tempur jenis F-15, meng-upgrade armadanya saat ini sebanyak 70 seperti pesawat terbang dan penjualan 178 helikopter.

Kendati ekonomi dunia sedang mengalami kelesuan, penjualan senjata global hampir dua kali pada 2011 senilai 85,3 miliar dolar, kata laporan itu.

Setelah AS, Rusia berada di posisi kedua sebagai penjual senjata dengan penjualan senilai 4,8 miliar dan kemudian Prancis (4,4 miliar dolar).

Masih menurut laporan itu, negara-negara lain yang menjadi pemasok senjata AS mencakup Uni Emirat Arab (UAE), Irak, Oman, India dan Thailand.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement