Selasa 04 Sep 2012 06:25 WIB

30 Orang Tewas dalam Bentrokan di Turki

Ilustrasi.
Foto: Foreign Policy
Ilustrasi.

REPUBLIKA.CO.ID, DIYARBAKIR, TURKI- Kelompok Kurdi yang membawa peluncur roket dan senapan mesin menyerang sebuah pangkalan pasukan keamanan di Turki tenggara, menyulut bentrokan yang menewaskan 30 orang, kata beberapa pejabat setempat, Senin (3/9) waktu setempat.

Sepuluh prajurit tewas dalam serangan di wilayah Sirnak itu, kata pemerintah, sementara beberapa sumber lain menyebutkan bahwa sekitar 20 gerilyawan Partai Buruh Kurdistan (PKK) juga tewas.

Gubernur provinsi itu Vahdettin Ozkan mengatakan, militan menyerang kompleks keamanan di Beytussebap, yang terletak sekitar 40 kilometer dari perbatasan Irak, pada Ahad larut malam.

Polisi dan pasukan membalas serangan itu, dan terjadi bentrokan yang merupakan salah satu pertempuran paling mematikan dalam beberapa bulan ini.

"Perang terhadap terorisme akan terus berlangsung di semua aspek," kata Deputi Perdana Menteri Bekir Bozdag dalam pernyataan yang disiarkan televisi.

Bulan lalu, 10 orang yang mencakup warga sipil tewas dalam serangan bom mobil yang dituduhkan pada separatis Kurdi di kota wilayah tenggara, Gaziantep, yang menimbulkan amarah nasional.

Pemerintah meluncurkan ofensif militer besar-besaran terhadap PKK pada 23 Juli yang menurut mereka menewaskan 115 pemberontak Kurdi.

Dalam salah satu insiden tunggal paling mematikan pada Juni, 28 orang tewas dalam pertempuran antara pasukan Turki dan gerilyawan Kurdi setelah serangan anggota PKK terhadap sebuah pos militer di dekat perbatasan Irak.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement