Selasa 04 Sep 2012 17:00 WIB

Cina Berterima Kasih pada ASEAN karena 'Berkepala Dingin'

Bendera negara-negara ACFTA
Foto: greek.cri.cn
Bendera negara-negara ACFTA

REPUBLIKA.CO.ID, PHNOM PENH--Cina baru saja mengucurkan bantuan lebih dari 500 juta dolar dalam bentuk pinjaman lunak dan hibah kepada Kamboja. Dalam keterangannnya, Menteri Junior Kamboja, menyatakan Perdana Menteri Wen Jiabao berterimakasih kepada bangsa-bangsa Asia Tenggara yang tetap menjaga jalinan hubungan dengan Beijing.

Pertemuan tingkat tinggi anggota ASEAN pada Juli lalu gagal menerbitkan komunike bersama untuk pertama kali dalam sejarah 45 tahun badan tersebut. Ada ketidaksetujuan dari anggota dalam pemilihan kata dan pendeskripisan saat sesi pembahasan klaim teritorial di Laut Cina Selatan.

Kamboja, yang kini menjadi ketua pertemuan ASEAN tahun ini dituduh oleh beberapa negara anggota berpihak kepada sekutunya, Cina.

Kamboja dikenal sebagai salah satu penerima bantuan rutin dari Cina. Empat perjanjian utang senilai 420 juta dolar untuk proyek yang tak disebut spesifikasinya diteken ketika Perdana Menteri Kamboja, Hun Sen, melawat ke Cina pekan lalu, ujar Menteri Keuangan, Aun Porn Moniroth dalam jumpa pers, Senin.

Kemudian, tiga kesepakatan utang lain, bernilai lebih dari 80 juta dolar, dijadwalkan ditandatangani tahun ini. Monirot menyatakan, bahwa Cina juga menjanjikan hibah sebesar 24 juta dolar sebagai hadian bagi Kamboja untuk digunakan dalam proyek prioritas utama.

sumber : AP
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement