Selasa 18 Sep 2012 15:46 WIB

Mitt Romney Diguncang Video Rahasia

Mitt Romney
Foto: AP
Mitt Romney

REPUBLIKA.CO.ID, WASHINGTON - Kandidat presiden Amerika Serikat, Mitt Romney, diguncang video yang dibuat secara rahasia. Video tersebut memperlihatkan Romney mengatakan bahwa hampir setengah dari warga Amerika mendukung Presiden Barack Obama karena mereka merupakan "korban-korban" yang tergantung kepada pemerintah serta menghindari pajak.

Tim Obama segera mengamati video Romney sedang menyampaikan pidato di depan para donatur kaya itu. Video yang dikeluarkan oleh majalah liberal, Mother Jones, sebagai bukti bahwa kandidat multi-jutawan itu telah mencoret setengah dari warga Amerika dan tidak pantas menjadi seorang presiden.

Dalam petikan video yang muncul 50 hari menjelang pemilihan presiden AS pada 6 November, Romney dalam acara tertutup dan khusus bagi para pendukung dana itu terlihat mengatakan bahwa 47 persen warga Amerika akan memilih Obama.

"Ada 47 persen yang mendukung dia. Mereka adalah orang-orang yang menggantungkan diri kepada pemerintah, yang menganggap diri mereka sebagai korban, menganggap pemerintah bertanggung jawab mengurus mereka, menganggap mereka berhak mendapat pelayanan kesehatan, makanan, tempat tinggal, sebutkan apa saja," katanya.

"Mereka ini adalah orang-orang yang tidak membayar pajak penghasilan. Jadi, pesan kita soal pajak rendah tidak menyambung. Saya tidak akan pernah meyakinkan mereka bahwa mereka harus mengambil tanggung jawab atas diri mereka sendiri dan mengurus sendiri hidup mereka."

Mother Jones menyiarkan gambar-gambar tersebut di lamannya. Jati diri orang-orang yang berada di gambar tersebut dikaburkan. Demikian pula dengan tempat pertemuan guna melindungi sumbernya.

sumber : Antara/AFP
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement