Ahad 14 Oct 2012 22:34 WIB

20 Jamaah Masjid Nigeria Tewas Ditembak

Rep: Umi Lailatul/ Red: Hafidz Muftisany
Serangan bom di Nigeria yang diklaim dilakukan kelompok Boko Haram
Foto: REUTERS/AFOLABI SOTUNDE
Serangan bom di Nigeria yang diklaim dilakukan kelompok Boko Haram

REPUBLIKA.CO.ID, 20 KADUNA--Serangan oleh kelompok bersenjata terjadi di sebuah masjid Desa Dogo Dawa, negara bagian Kaduna, Nigeria Utara pada Ahad (14/10).

Penyerangan itu menewaskan sedikitnya 20 orang jamaah Muslim.  "Kami mencurigai ini merupakan serangan balas dendam oleh kelompok bersenjata.

Mereka diduga balas dendam lantaran kehilangan beberapa anggota mereka setelah pertempuran yang baru-baru ini terjadi dengan penduduk desa dan warga," kata Abdullahi Muhammad pejabat setempat kepada Reuters.

"Desa itu telah diteror oleh sebuah operasi kelompok bersenjata dari kamp-kamp di hutan,'' kata Abdullahi. Hingga kini, belum ada pihak yang mengaku bertanggung jawab atas serangan tersebut. Namun, diduga serangan itu dilakukan oleh kelompok militan Boko Haram.

Sebelumnya serangan juga terjadi di sebuah asrama di Universitas Politeknik Federal, kota Mubi, Nigeria pada Selasa (2/10) lalu. Akibat penyerangan itu sedikitnya 26 warga sipil, sebagian besar mahasiswa tewas. Penyerangan itu diduga juga dilakukan oleh kelompok Boko Haram.

Kelompok ektrimis Boko Haram telah melakukan sejumlah serangan dan bom mematikan sejak 2009. Kelompok ini telah menyerang tokoh Muslim serta berbagai sasaran lainnya, termasuk gedung PBB di ibukota Abuja.

Kelompok hak asasi manusia mencatat jumlah korban tewas akibat serangan Boko Haram sejak 2009 sebanyak 1000 orang. Untuk tahun ini saja,  jumlah korban tewas lebih dari 300 orang.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement