Senin 15 Oct 2012 14:22 WIB

Menlu Iran Terus Desak Penyelesaian Damai di Suriah

Menteri Luar Negeri Iran, Ali Akbar Salehi.
Foto: Press TV
Menteri Luar Negeri Iran, Ali Akbar Salehi.

REPUBLIKA.CO.ID, TEHERAN -- Menteri Luar Negeri Iran Ali Akbar Salehi menegaskan kembali seruan negaranya untuk menyelesaikan krisis di Suriah melalui cara damai.

Dia juga berharap Utusan PBB untuk Suriah Lakhdar Brahimi akan dapat bekerja sama dengan negara-negara berpengaruh regional dan lainnya untuk melaksanakan tugas menemukan solusi damai dan mengakhiri krisis oleh bangsa Suriah sendiri.

Dalam konferensi pers bersama dengan Brahimi pada Ahad di Teheran, Salehi mengatakan bahwa pemerintah Suriah telah berulang kali menunjukkan kesediaan mewujudkan tuntutan rakyat dan mengambil langkah yang diperlukan dalam hal ini.

Dia menegaskan bahwa orang-orang Suriah bebas dan demokratis serta memiliki hak untuk memilih dan membentuk Majelis Rakyat, konstitusi serta hukum berdasarkan pendapat mereka sendiri.

Dia mengatakan bahwa sudut pandang Iran mengenai krisis di Suriah sesuai dengan pendapat Brahimi bahwa kekerasan dan pembunuhan harus dihentikan sebelum langkah lainnya.

Ia menambahkan "sayangnya, setiap hari berlalu dengan sejumlah orang tak berdosa tewas di Suriah, yang tidak dalam kepentingan Suriah maupun daerah, negara Islam ataupun masyarakat internasional." 

Salehi mengatakan bahwa semakin cepat krisis di Suriah diselesaikan, semakin baik. Dia menambahkan bahwa Iran siap untuk bekerja sama sepenuhnya dengan Brahimi untuk menemukan solusi yang cocok.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement