Senin 22 Oct 2012 16:29 WIB

Fidel Castro Muncul Lagi

Rep: Bambang Noroyono/ Red: Fernan Rahadi
Fidel Castro
Foto: AP Photo/Cubadebate, Roberto Chile
Fidel Castro

REPUBLIKA.CO.ID, HAVANA  --  Desas-desus mengenai kondisi mantan pemimpin Kuba, Fidel Castro terjawab. Mantan Wakil Presiden Venezuela, Elias Jaua mengatakan keadaan pemimpin revolusioner tersebut dalam kondisi sehat.

"Sangat baik," kata Elias seperti dikutip kantor berita AFP, Senin (22/10) usai bertemu dengan Castro akhir pekan lalu.

Elias membeberkan, Castro menemani dirinya pada pertemuan di Hotel Nacional, Havana, tersebut. Castro terlihat lebih tua dengan janggut abu-abu. Dia mengenakan kemeja gelap bermotif kotak-kotak.

Hanya satu yang berbeda dari Castro kali ini, yaitu topi anyaman jerami yang digunakannya. Tidak biasa, karena selama ini dia selalu tampak dengan topi militer hijau, berbintang satu.

Menejer hotel, Antonio Martinez Radriguez membenarkan kunjungan Castro. Kata dia istri sang tokoh Dalia Soto del Valle, juga tampak menemani keakraban bersama para tamu.

"Fidel (Castro) bersama kami untuk waktu yang lama, dengan janggut dan pipinya yang merah," kata Martinez, seperti dilansir laman NDTV, Selasa (22/10).

Kemunculan mantan pemimpin 86 tahun ini adalah yang pertama kali sejak Maret. Terakhir kali, Castro tampak bertemu dengan Pemimpin Vatikan, Paus Benekditus XVI. Saat itu Castro dengan kondisi buruk, bungkuk, dan terlihat renta, dengan memegang sebuah buku.

Banyak berita yang mengabarkan kondisi kesehatan Castro yang mulai menurun. Beberapa media mengabarkan dia mengalami stroke akut dan mulai pikun. Bahkan tidak sedikit yang mengatakan penguasa Kuba selama lima dekade ini telah tewas digerogoti penyakit.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement