Selasa 23 Oct 2012 17:45 WIB

Tiba di Gaza, Emir Qatar Rangkul PM Hamas

Emir Qatar, Syeikh Hamad bin Khalifa Al-Thani
Emir Qatar, Syeikh Hamad bin Khalifa Al-Thani

REPUBLIKA.CO.ID, RAFAH--Emir Qatar Sheih Hamad bin Khalifa al-Thani memasuki Jalur Gaza pada Selasa (23/10) dalam kunjungan pertama kepala negara sejak gerakan Hamas menguasai wilayah itu.

Gambar tayangan stasiun televisi satelit Al Jazeera menunjukkan pemimpin Qatar itu merangkul Perdana Menteri Hamas Ismail Haniya setelah memasuki daerah Palestina itu dari Sinai Mesir.

Setelah lagu nasional Palestina dan Qatar dikumandangkan, emir berjalan melalui karpet merah dan berjabat tangan dengan para pejabat penting Hamas.

Sebelumnya emir, yang datang bersama istrinya Sheikha Moza binti Nasser, mendarat di bandara El-Arish di Sinai Mesir dan diterbangkan oleh helikopter ke pelintasan Rafah.

Ia memasuki Gaza memimpin satu delegasi yang juga termasuk Perdana Menteri Qatar Sheikh Hamad bin Jassem al-Thani. Mereka disambut oleh Haniya dan kabinetnya serta Salah al-Aruri, seorang anggota senior kepemimpinan gerakan itu di pengasingan.

Kunjungan itu merupakan kedua ke daerah itu oleh Sheikh Hamad. Ia terakhir mengunjungi Gaza tahun 1999,  ketika ia disambut oleh pemimpin Palestina Yasser Arafat (almarhum) di bandara internasional Gaza di Rafah.

Bandara itu hancur akibat serangan-serangan Israel beberapa tahun kemudian dalam aksi perlawanan rakyat Palestina (intifada) kedua tahun 2000-2005.

Kunjungan itu bertepatan dengan memuncaknya ketegangan di Gaza, dengan seorang tentara Israel luka parah akbat satu ledakan di perbatasan itu Selasa.

Sehari sebelumnya, dua pejuang tewas dan empat luka parah akibat serangan-serangan udara, dan seorang lainnya meninggal kemudian pada hari itu.

Hamas bersumpah tidak akan membiarkan pertumpahan darah tanpa pembalasan, sementara Israel berjanki akan menyerang balik siapapun yang menargetkan tentara atau warga sipil Israel.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement