Ahad 28 Oct 2012 20:46 WIB

Hawaii Dilanda Tsunami

Rep: Afriza Hanifa/ Red: Fernan Rahadi
Pesona Hawaii
Pesona Hawaii

REPUBLIKA.CO.ID, HONOLULU  --  Gelombang Tsunami melanda Kepulauan Hawaii, Ahad (28/10). Tsunami tersebut dipicu adanya gempa kanada berkekuatan 7,7 skala Richter yang terjadi beberapa jam sebelum Tsunami menghantam pulau milik AS tersebut.

Perairan Provinsi British Columbia, Kanada dilanda gempa pada Sabtu (27/10) malam waktu setempat. Tak lama setelah itu, Pusat Peringatan Tsunami di Wilayah Pasifik memprediksi dampak gempa akan mengakibatkan Tsunami di Hawaii.

Meskipun Kanada berjarak ribuan mil dengan Hawaii, pediksi tersebut tepat. Tsunami melanda kepulauan Hawaii beberapa jam setelah gempa.

Sirine darurat telah terdengar sejak sabtu malam. Warga diminta keluar dari dataran rendah. sekitar 100 hingga 150 ribu orang yang tinggal di perairan Kepulauan Hawaii didesak segera berlindung ke dataran tinggi.

Tsunami diprediksi akan merusak sepanjang garis pantai di semua pulau di Hawaii. BBC mengabarkan, gelombang pertama menghantam kepulauan Hawaii dengan ketinggian 76 centimeter.

Ukuran masih kecil dari prediksi. Namun beberapa jam kemudian, gubernur Hawaii segera mengeluarkan peringatan Tsunami. Menurutnya, Tsunami sekitar tiga hingga enam meter akan melanda pulau para turis tersebut.

Gelombang pertama tersebut menghantam kepulauan yang tersebar disekitar 1.500 mil. Gelombang terjadi sekitar Sabtu pukul 22.30 waktu setempat atau 15.30 WIB. Belum ada laporan kerusakan akibat gelombang tersebut.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement