Jumat 02 Nov 2012 05:33 WIB

Aturan Aneh Keamanan Cina Jelang Kongres Partai & Suksesi

Kongres Partai Komunis Cina
Foto: Asianews.it
Kongres Partai Komunis Cina

REPUBLIKA.CO.ID, BEIJING--Jangan turunkan kaca jendela taksi. Jangan beli pesawat mainan dengan kendali jarak jauh tanpa izin polisi. Dan juga jangan lepas merpati-merpati anda.

Itulah sebagian aturan yang dikeluarkan pemerintah Cina. Beijing memperketat keamanan saat kongres Partai Komunis yang penting bagi negara itu kian mendekati hari H.

Hanya saja beberapa aturan terlihat tak lazim. Pisau-pisau dapur hingga rautan pensin dilaporkan ditarik dari rak-rak toko. Bahkan ada rumor bahwa otoritas membuka kemungkinan aksi intelijen mengantarkan pesan lewat bola ping-pong.

Kongres, yang akan dimulai Kamis, akan menunjuk nama pemimpin-pemimpin baru yang akan memimpin negara paling padat sedunia dengan kekuatan ekonomi terbesar dua dunia, selama satu dekade ke depan.

Sebagian besar kebijakan keamanan telah telah melewati tahap pengetatan hingga pembukaan pada Kamis, yakni pertemuan Komite Pusat, di sana sekitar 370 anggota partai akan merampungkan persiapan untuk kongres.

Cina dikenal selalu memperketat keamanan untuk acara penting tingkat tinggi, seperti kebanyakan di negara lain. London misal, melarang penerbangan selama Olimpiade diselenggarakan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement