Senin 12 Nov 2012 23:46 WIB

Pemimpin Redaksi BBC Undur Diri

Rep: Mutia Ramadhani/ Red: Chairul Akhmad
George Entwistle
Foto: AP
George Entwistle

REPUBLIKA.CO.ID, LONDON – Berita cukup mengejutkan datang dari salah satu kantor berita tertua di dunia, British Broadcasting Corporation (BBC).

Direktur Jenderal sekaligus Pemimpin Redaksi BBC, George Entwistle, secara resmi mengundurkan diri karena diduga menjalankan praktik-praktik jurnalistik yang tidak baik.

Dilansir dari The Guardian, Senin (12/11), dalam tayangan Newsnight di BBC TV,  Entwistle menuduh seorang politisi terkenal melakukan pelecehan seksual terhadap anak-anak. Kasus salah tuduh tersebut terjadi pada 2 November lalu.

Dalam tayangan BBC TV itu disebutkan politisi yang dimaksud adalah seorang senior Partai Konservatif Inggris. Di siaran TV memang tak disebutkan nama yang bersangkutan, tapi di laman BBC online disebutkan namanya Alistair McAlpine.

Masalah lainnya kemudian datang dari sistem penerimaan gaji Sang Pemred. Dalam setahun, dengan hanya masuk kerja selama 54 hari, Entwistle menerima gaji penuh hingga 450 ribu poundsterling.

Rentetan peristiwa itu menuai kemarahan anggota Parlemen Inggris. "Bagaimana mungkin perilaku dia (Entwistle) itu tepat?" sindir Presiden Commons Culture, John Whittingdale.

Entwistle kini digantikan oleh Tim Davie. Pada pertemuan perdananya hari ini, Davie berencana membangun kembali kepercayaan masyarakat dan korporasi terhadap perusahaan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement