Senin 07 Jan 2013 12:05 WIB

Inggris Siap Bertempur Demi Kepulauan Falkland

Falklands
Foto: cruises.about.com
Falklands

REPUBLIKA.CO.ID,LONDON--Perdana Menteri Inggris David Cameron mengatakan, jika diperlukan negaranya siap bertempur demi mempertahankan Kepulauan Falkland, yang isunya kembali dimunculkan Argentina.

Cameron mengatakan Inggris memiliki pertahanan yang kuat di kepulauan tersebut dan sejumlah pasukan serta jet tempur cepat yang ditempatkan di sana. Namun bagi Argentina pasukan Inggris tersebut dianggap sebagai ancaman militer.

Presiden Argentina Cristina Kirchner pekan lalu mengatakan, Argentina dipaksa menyerahkan Kepulauan Falkland kepada Inggris dalam sebuah pertempuran kolonialisme abad ke-19. Argentina meminta agar Inggris  menyerahkan kepulauan tersebut  kepada Argentina kembali.

Cameron menegaskan, sikap Inggris sangat jelas untuk mempertahankan kepulauan itu dengan kekuatan militer jika dibutuhkan. Ia juga mengaku mendapat laporan rutin terkait masalah Falkland.

Inggris, terang Cameron,  siap berperang untuk mempertahankan kepulauan itu. "Yang terpenting, kami memiliki pertahanan yang kuat di sana, seperti jet tempur cepat serta pasukan yang ditempatkan di Falkland,"katanya, Ahad, (6/1).

Kemenlu Argentina menyoroti keagresifan Perdana Menteri Inggris itu dan menekankan bahwa mereka meminta agar London menghormati resolusi Majelis Umum Perserikatan Bangsa Bangsa (PBB). Dalam resolusi PBB disebutkan Inggris dan Argentina harus menggelar dialog terkait sengketa tersebut.

sumber : antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement