Selasa 08 Jan 2013 18:57 WIB

Muslimah akan Jadi Jubir Parlemen Singapura

Rep: Rr. Laeny Sulistyawati/ Red: Dyah Ratna Meta Novi
Singapura
Singapura

REPUBLIKA.CO.ID,SINGAPURA--Seorang wanita Muslim Halimah Yacoob (58 tahun) akan menggantikan Michael Palmer (44 tahun) sebagai Juru bicara Parlemen Singapura. Partai oposisi di Singapura mendesak Perdana Menteri (PM) Singapura Lee Hsien Loong untuk menyelenggarakan pemilihan ketua parlemen  yang ditinggalkan oleh Palmer.

Lee mengatakan, dirinya akan mencalonkan Halimah Yacob yang saat ini menjabat sebagai menteri negara di kementerian pemberdayaan masyarakat, pemuda, dan olahraga untuk menduduki kursi juru bicara parlemen. ’’Dalam kabinet, Halimah yang penyayang, membantu kita untuk membentuk kebijakan yang efektif dengan sentuhan manusia,’’ kata Lee seperti dilansir dari The Star,Selasa (8/1).

Lee juga memandang Halimah memiliki pengalaman luas dalam gerakan buruh, pekerjaan sosial dan pendidikan pra-sekolah. Namun Halimah harus mengundurkan diri dari kabinet sebelum dia benar-benar menduduki jabatan terbarunya.

Jika Halimah benar-benar menjadi juru bicara parlemen, maka dia akan menjadi wanita pertama yang menduduki jabatan di negara itu. Diusulkannya Halimah Yacob terjadi pasca Palmer yang tiba-tiba mengundurkan diri bulan lalu setelah mengaku memiliki hubungan di luar nikah dengan seorang pekerja masyarakat.

Wakil Ketua Parlemen Seah Kian Peng mengatakan, Halimah memiliki kualitas untuk menjadi pembicara yang baik. Ia memiliki semua latar belakang hukum,  sangat tenang dan sangat dihormati di parlemen.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement