Rabu 06 Feb 2013 14:28 WIB

'Obama Presiden Amerika Asal Jawa'

Rep: Nur Aini/ Red: Karta Raharja Ucu
Presiden AS Barack Obama
Foto: AP Photo/Carolyn Kaster
Presiden AS Barack Obama

REPUBLIKA.CO.ID, LONDON -- Sikap dan kepribadian Presiden Amerika Serikat, Barack Obama dinilai lebih mirip seperti orang dari Pulau Jawa, Indonesia, ketimbang warga Negeri Paman Sam.

Karenanya, Penulis Esai, Edward Fox yakin Obama sebenarnya berasal dari Jawa, bukan dari Hawaii atau Kenya, asal kedua orang tuanya.

Dalam artikel berjudul The Obama From Java (Obama dari Jawa), yang diterbitkan surat kabar Inggris, the Guardian, Fox mengamati sikap Obama dalam debat dengan Mitt Romney pada musim gugur 2011 untuk kampanye pemilihan presiden. Dalam debat itu, Fox melihat Obama menunjuk Romney dengan ibu jarinya.

Artikel BBC juga menulis tentang gaya debat Obama tersebut. Obama meletakkan ibu jarinya di atas kepalan longgar untuk menekankan sesuatu. Obama tidak menunjuk dengan jari telunjuk yang lebih terlihat kasar dan terlalu agresif.

Fox mengatakan belum pernah melihat gerakan seperti yang ditunjukkan Obama. Menurutnya, Obama pernah mengungkapkan masa kanak-kanaknya di Pulau Jawa, Indonesia, dimana menunjuk orang dengan telunjuk dinilai tidak sopan, sehingga diganti dengan ibu jari.

"Melihat Obama menunjuk dengan ibu jarinya, mengkonfirmasi kecurigaan saya sejak lama. Mungkin saja, Obama adalah presiden Jawa berkewarganegaraan Amerika Serikat pertama," seloroh Fox.

Fox mengaku pernah mengunjungi Indonesia untuk mencari data bukunya Obscure Kingdoms yang bercerita tentang tradisi kerajaan di masyarakat non-Barat. Ia melihat jejak Jawa dalam diri Obama lebih banyak dibandingkan jejak Hawaii, tempat kelahiran Obama.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement